A. Identitas Madrasah

Nama Madrasah: MAN 2 JOMBANG

Nama Kepala Madrasah            : Harnoto, S. Pd

NIP.                                                : 197012062005011003

Status                                            : Reguler

Nomor Telp./Fax                        : (0321) 862329

Alamat                                          : Jl. Rejoso No. 1 Peterongan Di Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan                                     

Kecamatan                                   : Peterongan

Kabupaten/Kota                         : Jombang

Kode Pos                                      : 61481

Website                                        : man2-jombang.sch.id

Tahun berdiri                              : 1968

Waktu belajar                             : Pagi – sore

B. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MAN REJOSO PETERONGAN JOMBANG

  1. Tokoh-tokoh pendiri Yayasan PPDU :
  • Peroide I tahun 1885 – 1937 :
  • Fase 1 : K.H. TAMIM IRSJAD           (1885 – 1930)
  • Fase 2 : K.H. CHOLIL                         (1930 – 1937)
  • Peroide II tahun 1937 – 1958 :
  • Fase 1: K.H. ROMLI TAMIM             (1937 – 1940)
  • Fase 2: K.H. DACHLAN CHOLIL     (1940 – 1958)
  • K.H. MA’SOEM CHOLIL
  • K.H. UMAR TAMIM
  • Peroide III tahun 1958 – 1985 sampai dengan sekarang
  • H. BISRI CHOLIL                              (Wafat tahun 1968)
  • H. ACH.BAIDOWI CHOLIL            (Wafat tahun 1972)
  • H. MUSTA’IN ROMLI                      (Wafat tahun 1985)
  • H. AS’AD UMAR                                (Wafat tahun 2010)
  • H. DIMYATHI ROMLY, SH            (Wafat Tahun 2016)
  • K.H. CHOLIL DAHLAN                   (Ketua Yayasan sekarang)
  1. Proses Pendirian MAN Rejoso :

                 Pada tahun 1955 PPDU membuka sekolah Guru khusus putri yang dikenal dengan nama Muallimat 4 tahun dan selanjutnya diganti menjadi Madrasah Muallimat 6 tahun. Dalam jangka waktu beberapa tahun PPDU membuka lagi Madrasah Muallimin untuk siswa putra. Pada tahun 1965 Muallimat dan Muallimin 6 tahun ada perubahan nama menjadi Madrasah Tsanawiyah Wustho dan Madrasah Tsanawiyah Atas. Menyadari betapa pentingnya bekal pendidikan umum selain mengaji al-Qur’an dan pendalaman isi kandungan al-Qur’an bagi santri, maka mereka sangat perlu dibekali pendidikan formal yang dapat mengantarkan santri kita untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas yang telah didasari dengan kemantapan ilmu di bidang agama yang baik.

                 Dengan memiliki ijasah formal/umum, santri alumni Pondok Pesantren dapat memasuki di berbagai lapangan pekerjaan secara luas baik instansi pemerintah maupun di perusahaan swasta. Hal demikian dapat dilihat oleh masyarakat bahwa alumnus pondok pesantren yang telah memiliki ijasah formal dari Madrasah Aliyah yang didirikan oleh Departemen Agama lebih berbobot dalam segi pendalaman agama maupun pengetahuan umumnya. Peralihan Madrasah swasta menjadi Madrasah Aliyah Negeri merupakan realisasi dari ide/buah pikiran almarhum DR.K.H.MUSTA’N ROMLI dalam sidang khusus pengurus PPDU tanggal 28 Desember 1967 yang dihadiri oleh :

  1. MACHFUDZ MA’SUM
  2. BAIDURI LUQMAN

Dalam sidang khusus tersebut menghasilkan suatu kesepakatan/ keputusan untuk menegerikan salah satu madrasah dilingkungan PPDU dan langkah selanjutnya ketua Yayasan memerintahkan Bapak Drs. MACHFUDZ MA’SUM dan Bapak BAIDURI LUQMAN untuk menghadap Kepala Inspeksi Pendidikan Agama Prop. Jawa Timur yaitu Bapak H.SOEDARKOEN untuk minta informasi persyaratan usul penegerian Madrasah Aliyah.

 Setelah kelengkapan bahan permohonan penegerian Madrasah Aliyah dapat diselesaikan dan telah dilengkapi dengan nota persetujuan dari :

  • Bupati Kepala Daerah Tk. I Jombang
  • Kepala Inspeksi Pendidikan Agama Propinsi Jawa Timur

Maka proses selanjutnya diteruskan ke Dep. Agama Pusat Jakarta cq. KASUBDIT IV, pada akhirnya Dep. Agama pusat Jakarta merealisi permohonan penegerian tersebut dengan menerbitkan Surat Keputusan Menteri Agama No: 67 tahun 1968 tanggal 11-04-1967, tentang penegerian MAAIN Rejoso Peterongan Jombang. Dalam  acara peresmian penegerian MAAIN Rejoso diresmikan oleh pejabat Dep.Agama Pusat Jakarta yaitu BP.NUR ASYIK,MA (Kasudit IV) pada tanggal  11 April 1968.

  1. Laboratorium Bahasa

Berfungsi untuk memacu dan menggodok keterampilan peserta didik untuk mengembangkan bahasa asing, terutama Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Di laboratorium inilah peserta didik membangun dan mengembangkan skil berbahasa dengan baik sebagai bekal di masa depan.

  1. Laboratorium Komputer

Nilai kemodernan yag cukup urgen adalah bagaimana membekali peserta didik agar mampu memiliki keahlian dalam bidang komputer. Komputer menjadi modal utama bagi peserta didik ke depan. MAN Rejoso Jombang menjadikan materi komputer tidak hanya sebagai materi alternatif dan temporer, namun, sebagai modal ke depan bagi peserta didik baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk mampu bersaing dengan dunia global, tentu, dengan program-program yang serba kekinian dan aktual.

  1. Laboratorium sains

Untuk menunjang kemampuan peserta didik dalam mengekplorasi materi eksak dan wahana peneltian Ilmu Pengetahuan Alam. Laboratorium sains akan menjadi “dapur” utama sebagai media penelitian dalam bentuk apapun. MAN 2 Jombang memberikan ruang bagi pendampingan peserta didik yang memiliki bakat dan semangat untuk tidak jenu-jenunya melakukan penelitian ilmiah

  1. Perpustakaan

Dengan ribuan eksemplar buku dari berbagai disiplin keilmuan; agama, sains, Ensiklopedi, filasafat, psikologi, Bahasa Asing dan karangan fiksi dan non fiksi lainnya. Perpustakan yang nyaman dan asri dengan ruangan berpendingin yang tak pernah sepi dari kunjungan baik para pendidik maupun peserta didik. Dengan pengelolaan yang baik dan profesional, perpustakan MAN 2 Jombang tidak pernah sepi dari para donatur untuk membantu berbagai macam buku, baik yang berkenaan langsung dengan materi pembelajaran maupun disiplin keilmuan ilmiah lainnya.

  1. Koperasi

Untuk memudahkan peserta didik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka koperasi disamping bergerak dibidang pertokoan juga terdapat kantin yang siap melayani peserta didik dan pendidik dengan berbagai menu masakan. Tidak kurang dari dua pertokoan dan tiga kantin yang dikembangkan oleh koperasi yang pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada siswa.

  1. Internet/ Free Hotspot

Untuk memenuhi akan tuntutan informasi yang bisa di akses oleh seluruh civitas akademika MAN 2 Jombang, maka internet dengan free hotspot menjadi jaringan yang cukup signifikan untuk memenuhi kebutuhan dalam pengembangan ilmu pengetahuan selama 24 jam. Hal ini akan memudahkan bagi seluruh peserta didik dan pendidik untuk menunjang akan keberlangsungan proses belajar mengajar.

Pembinaan Kesiswaan

Untuk mewadahi kreatifitas para peserta didik, MAN 2 Jombang memiliki keragaman kegiatan yang dikemas dalam ekstrakurikuler, diantaranya:

  1. Ekstra keolahragaan
  2. Ekstra KTI
  3. Ekstra Paskibraka
  4. Pramuka
  5. PMR
  6. Banjari
  7. MTQ
  8. Hafalan Al- Qur’an
  9. Paduan Suara
  10. Karmapala

Jurusan & Program

  1. Kelas/Program Bahasa/IIB

Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia, Arab, Inggris, Jepang dan bahasa lainnya (Prancis) serta pengetahuan sastranya.

  1. Kelas/Program IPA/MIA

Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang sains dan Teknologi.

  1. Kelas/Program IPS/IIS

Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ekonomi, sosial, budaya dan kemasyaratkan.

  1. Kelas/Progran Keagamaan/IIK

Memilki keterampilan dan kemampuan lebih dalam tentang studi keislaman (Tafsir, hadits, tasawuf, ushu fiqh, dan lain-lain), kitab kuning lainnya.

 

Kualifikasi Tenaga Pendidik Madrasah Aliyah Negeri 2

MAN 2 Jombang memiliki tenaga pendidik yang berkualitas sesuai dengan haliyah yang telah ditetapkan:

S1 sebanyak 37 guru dan  S2 sebanyak 30,  dan D3 sebanyak 1 baik yang lulusan dalam maupun luar negeri.

Kompetensi Lulusan

  1. Memiliki kemampuan dan penguasaan studi keislaman, berwawasan modern dan berakhlakul karimah
  2. Memiliki pengetahuan dan skil yang berkarakter serta link and macth terhadap dunia luar
  3. Memiliki pengetahuan akademik sebagai bahan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Demikian profil MAN Rejoso Jombang, yang tentu akan terus berkembang dan berinovasi untuk memberikan pelayanan akademik kepada masyarakat luas secara menyeluruh dan memuaskan.